Rabu, 29 Juni 2011

Pengamat: Kabareskrim Baru Hendaknya Profesional

Jakarta: Masa jabatan Ito Sumardi sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri akan berakhir bulan ini. Dan sebelum tiba masa itu, muncul sejumlah nama yang akan mengisi pos yang ditinggalkan Ito Sumardi.

Nama-nama itu di antaranya adalah Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Sutarman, Kapolda Aceh Irjen Iskandar Hasan, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Bambang Widaryatmo, Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Badrodin Haiti, dan Kepala Lembaga Pendidikan Polri Komisaris Jenderal Oegroseno.

Siapapun calon yang lolos, pengamat kepolisian dosen Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Bambang Widodo Umar berharap Kabareskrim baru nantinya adalah figur polisi profesional. Bambang juga mengatakan di Jakarta, Selasa (29/6), sosok pengganti juga punya jaringan luas. Menurut Bambang, posisi Kabareskrim sangat menentukan kinerja Mabes Polri dalam menuntaskan kasus-kasus kejahatan besar.

Setali tiga uang dengan aktivis LSM Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) Haris Azhar. Ia berharap, Kabareskrim baru haruslah diisi figur polisi yang profesional, tidak berpolitik, dan tidak bermain dengan pebisnis.(AIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar