Selasa, 28 Juni 2011

Peraih Nilai UN Tertinggi di Kabupaten Banjarnegara

Prestasi membanggakan diraih oleh siswa SD Negeri 1 Krandegan, Banjarnegara. Kali ini tiba gilirannya Atha Yudhana yang meraih nilai UN tertinggi se Kabupaten Banjarnegara. Keberhasilan itu melengkapi sederet prestasi sekolah yang ditoreh menjelang akhir tahun 2010/2011, yaitu juara I siswa berprestasi, juara I Olimpiade MIPA dan juara I lomba bercerita Tingkat Kabupaten dan prestasi lainnya.

Keberhasilan Atha Yudhana, jelas mengharumkan nama baik sekolah, bahkan kedua orang tuanya Edi Joko Sulistiyono dan Agustin Kuspratiwi.

Lalu bagaimana tentang trik yang digunakan sehingga meraih prestasi itu?. Disiplin waktu dan rajin belajar adalah kunci suksesnya. Atha telah memiliki jadwal waktu yang dibuat sendiri. Disamping rajin belajar setiap habis jama’ah sholat Isya’, ia selalu berusaha bangun pagi lebih awal untuk menunaikan jama’ah sholat Subuh di Mushola. Sehabis itu Atha masih meluangkan sedikit waktu untuk membuka buku pelajaran.

Atha sendiri mengakui tidak pernah terbayangkan untuk menjadi peraih nilai UN tertinggi, ia hanya berusaha mengerjakan soal dengan baik dan lulus. Menurutnya, dari tiga mata pelajaran yang diujikan hanya Bahasa Indonesia saja yang dirasa cukup sulit karena soalnya menjebak.

Dikatakan, prestasi itu tidak terlepas dari persiapan yang dilakukan oleh pihak sekolah. Setiap hari Senin sampai Kamis kami diberikan les tambahan, ucap Atha Yudhana yang hobi menonton sepak bola itu.

Pernyataan Atha dibenarkan oleh guru kelasnya Yoeni Ambarwati, tidak hanya diadakan les setiap hari tetapi juga diadakan pengayaan terkait tiga bidang studi yang di UN kan. Atha memang memiliki tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang cukup tinggi. Ia tidak pernah memilah-milah pelajaran yang disukai atau yang tidak disukai, semuanya dapat diikuti dengan tekun.

Menurut Yoeni Ambarwati, anak kelahiran 5 Mei 1999, tidak hanya menguasai bidang akademik saja, tetapi menguasai bidang-bidang lainnya, seperti melukis dan mewakili sekolah mengikuti lomba kaligrafi serta bermain musik band sebagai vokalis.

Proses seperti itulah yang pada akhirnya mengantarkan Atha Yudhana menjadi peraih nilai UN tertinggi di Kabupaten Banjarnegara. Total nilai Ujian Nasional kemarin adalah 28,90 yang didapat dari mata pelajaran Matematika 9,75, IPA 9,75, dan Bahasa Indonesia 9,40.

Atha yang tinggal di RT. 03 RW. I Kelurahan Kutabanjarnegara itu, kini sedang asyik meluangkan waktu untuk bermain sepeda ontel bersama teman sebayanya. Tentunya sambil menunggu waktu pengumuman penerimaan siswa baru di sebuah SMP Favorit bertaraf Internasional di Banjarnegara. Sementara pihak orang tuapun sudah siap membelikan laptop dan jalan-jalan ke sebuah obyek wisata sebagai hadiahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar