Minggu, 17 Juli 2011

MENYONGSONG BULAN ISTIMEWA

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan romadhon. Mari kita berdo’a agar diberi kesehatan dan umur panjang sehingga bisa merasakan keistimewaan bulan romadhon. Begitu istimewanya bulan ini, Alloh SWT hanya menyebut bulan romadhon di dalam al-Qur’an, tidak dengan bulan-bulan lainnya. Setidaknya terdapat lima keistimewaan bulan romadhan berdasar keterangan dalam Al-Qur’an dan Hadits, yaitu sebagai berikut:   <!--more-->
Satu, Bulan romadhon adalah bulan Shaum (Puasa)
Sebagaimana diterangkan dalam QS Al-Baqoroh 185, “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur”.
Dua, Bulan Romadhon adalah bulan diturunkannya al- Qur’an.
Sebagaimana tercantum dalam QS Al-Baqoroh 185 di atas. Al-quran diturunkan sebagai petunjuk umat manusia.
Maka pelajari dan peganglah erat-erat al-Qur’an, niscaya hidup tidak akan sesat dan bingung.
Tiga, Bulan Romadhon adalah bulan untuk mendekatkan diri kepada Alloh.
Jadikanlah romadhan sebagai momentum untuk lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Alloh SWT, agar menjadi pribadi yang lebih dicintai-Nya. Memohonlah dari segala kebaikan dan berlindunglah dari segala keburukan, niscaya Alloh akan mengabulkannya. Alloh berfirman dalam QS Al-Baqoroh 186, “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”.
Empat, Bulan Romadhan adalah bulan ampunan.
Perbanyaklah meminta ampun (istigfar) kepada Alloh, agar menghapus segala dosa yang telah kita lakukan. Seandainya dosa kita dibersihkan niscaya akan diberikan balasan sebagaimana tercantum dalam QS Nuh, yakni ditangguhkan azal, diturunkan hujan, diperbanyak kekayaan, anak-anak, kebun subur dan makmur. Salah satu Hadits Muslim menyatakan, “Barangsiapa yang berpuasa dengan iman dan ikhlas, pasti akan diampuni dosa yang telah lalu”.
Lima, Bulan Ramadhan adalah bulan Barokah
Dijanjikan banyak pahala dan kebaikan di bulan romadhon. Nabi berkata,”Siapa yang melaksanakan sholat tarawih berjamaah dengan imam sampai selesai, Alloh pasti mencatat ibadah semalaman”.
Hadis lainnya, “Ketika ibadah saum maka makan sahurlah, karena kebaikan ada didalamnya”. Hadits lainnya juga, “Barang siapa yang shalat subuh berjamaah dan duduk berdikir, sampai terbit matahari. Kemudian sholat dua rokaat, maka baginya pahala seperti haji dan umrah yang sempurna, yang sempurna, yang sempurna”.
(Dikutip dari Khutbah Jum’at, 17 Juli 2009, Mesjid Toyota-Astra Motor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar