Senin, 18 Juli 2011

Presiden SBY Membuka Pertemuan Menlu ASEAN

Nusa Dua: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka pertemuan ke-44 menteri luar negeri ASEAN di Bali Convention Center, Nusa Dua, Selasa.

Pertemuan dijadwalkan dimulai pada pukul 09.30 WITA merupakan rangkaian dari forum tingkat menteri ASEAN pada 16-23 Juli 2011 dengan mitra dialognya yang melibatkan Cina, India, dan Jepang dalam kerangka ASEAN+3 serta Amerika Serikat dan Rusia dalam kerangka kerja sama Asia Timur.

Pertemuan para menteri luar Negeri ASEAN serta forum regional ASEAN tersebut sekaligus persiapan menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 ASEAN dan KTT ke-16 Asia Timur yang akan dihadiri oleh kepala negara/pemerintahan negara-negara anggota pada November 2011 di Bali.

Sebelum membuka pertemuan Presiden dijadwalkan menerima kunjungan kehormatan para menlu ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN Surin Pitsuwan. Agenda utama pertemuan ke-44 menteri luar negeri ASEAN dan forum regional ke-18 ASEAN adalah membahas zona bebas senjata nuklir ASEAN untuk menindaklanjuti desakan anggota asosiasi kawasan itu agar memperjelas masalah nuklir di kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, negara-negara anggota ASEAN juga sepakat untuk melanjutkan dialog, pendekatan kerja sama dan koordinasi, serta upaya peningkatan kesejahteraan di antara negara-negara kawasan dalam forum tersebut. Menurut Kementerian Luar Negeri, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton dan Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Sergey Lavrov dipastikan hadir dalam ARF ke-18 sebagai partner dialog strategis ASEAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar